Selasa, 27 November 2012

INSPIRASI JIWA PEMBOROS

Satu hal lagi untuk kamu agar menjadi mahasiswa yang cerdas finansial dan agar kamu menjadi mandiri finansial adalah berhemat. Meskipun kamu mahasiswa, kamu juga harus bisa mandiri finansial. Mumpung masih mahasiswa, saat inilah kesempatan kamu untuk belajar banyak dengan tanggung jawab yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan tugas dan kewajiban orang tuamu.
Banyak cara berhemat ala mahasiswa. Kamu bisa mulai menghemat anggaran keuanganmu dengan alat transportasi yang kamu gunakan. Misalnya jika kamu pergi ke kampus pergunakanlah alat transportasi yang murah. Jika jarak rumah atau kost-mu ke kampus kurang dari 1 km usahakanlah berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain hemat, dengan berjalan kaki atau naik sepeda akan menyehatkan tubuh dan hemat energi bahan bakar fosil.
Selain berjalan kaki dan naik sepede, kamu sebaiknya menggunakan alat transportasi umum seperti angkot, bus, dan kereta. Menggunakan angkutan umum memang bisa saja terkendala dengan waktu perjalanan yang lama. Oleh sebab itu, perkirakan waktu perjalananmu. Nilai positif menggunakan transportasi umum adalah kamu bisa sambil membaca maupun mendengarkan musik atau audio book sembari membunuh waktu perjalanan. Usahakan menghindari membawa mobil karena akan sangat boros kecuali jika penumpang mobil penuh diisi oleh teman-temanmu. Temanmu yang ingin rutin ikut mobilmu karena ingin kenyamanan dibanding alat transportasi lain, bisa kamu bicarakan baik-baik dengannya mengenai patungan bahan bakar. Jangan takut untuk dibilang pelit atau perhitungan, kamu bisa jelaskan bahwa ini demi kebaikan bersama.
Jika kamu tidak punya kendaraan, cara lain untuk menghemat uang transportasimu adalah sesekali nebeng teman yang bawa motor atau mobil searah. Ingat, sesekali saja. Kalau rutin, kamu harus bicarakan soal patungan bahan bakar seperti yang sudah di tulis di atas.
Hal kedua setelah transportasi adalah uang makan. Puasa senin kamis.. Hehe.. Mungkin itu istilah yang pas untuk mahasiswa. Ibarat puasa, makan dijatah. Tapi itu istilah yang bisa kamu aplikasikan. Tidak harus puasa, kamu bisa menghemat dengan mengurangi makan malam, membawa bekal ke kampus, santai saja, para karyawan di gedung bertingkat pun masih ada yang membawa bekal ke kantor, gak perlu malu. Kalau kamu gak bisa bawa bekal dari rumah karena kamu anak kost, maka pilihlah kantin atau warung di sekitar kampus yang harganya murah namun kualitas tetap terjamin alias gak bikin penyakit. Paling enak kalau kantin prasmanan, ngambil nasi seporsi atau lebih hitungannya sama.. Bisa kenyang dengan harga murah dan porsi mahasiswa.. :) .
Hidup prihatin gak papa, namanya juga mahasiswa, latihan mandiri dan gak perlu gengsi. Kesederhanaan kamu sangat bernilai di mata teman-temanmu.
Langkah lain dalam berhemat adalah “jangan beli merk branded”. Merk branded hanya menyia-nyiakan uangmu. Memakai barang bermerk hanya sesaat menaikkan gengsimu. Efeknyapada dompe atau kantongmu malah lebih lama. Carilah barang yang murah, nyaman, fungsional, awet. Udah gak jaman kalau beli barang mahal yang memang pada umumnya bagus. Sekarang kita harus bangga kalau beli barang bagus dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar