TUGAS LOGS
Untuk memenuhi Mata kuliah Bimbingan
dan Konseling
Nama : Sudarto (0900240)
Jurusan Pendidikan Teknik Sipil
Prodi Pendidikan Teknik Bangunan
Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Universitas Pendidikan Indonesia
2012
1. Untuk kepentingan bimbingan dan konseling, beberapa kajian psikologi yang perlu
dikuasai oleh konselor adalah tentang :
a) motif
dan motivasi;
b) pembawaan
dan lingkungan,
c) perkembangan
individu;
d) belajar;
dan
e) kepribadian.
Karena hal hal di atas merupakan dasar yang dimiliki
setiap siswa,dan tidak semua dari itu terlengkapi sesuai dengan harapan didalam
pendidikan,ada pun hal tersebut di gali supaya bisa terpenuhi,dan bisa juga hal
tersebut untuk di kurangi karena mengganggu di dalam proses pembelajaran siswa
tersebut. Kedua ilmu ini hampir tidak dapat di pisahkan satu sama lain, oleh
karena mempunyai hubungan timbale balik pedagogic sebagai ilmu yang bertujuan
untuk memberikan bimbingan hidup manusia sejak dari lahir sampai mati tidak
akan sukses, bilamana tidak mendasarkan diri kepada psikologi, yang tugasnya
memang menunjukkan perkembangan hidup manusia, sepanjang masa, bahkan ciri dan
wataknya serta kepribadianya di tunjukkan oleh psikologi, dengan demikian
pedagogic akan menepatkan sasaranya, apabila dapat memahami langkah-langkahnya
sesuai dengan petunjuk psikologi,oleh karena sangat erat luasnya antara
keduanya.
2.
a Part Of the total educational bahwa
bimbingan dan konseling itu mncangkup
keseluruhan di dalm pemkembangan dan kematang siswa didalam penyelesaian
masalah nya,baik itu masalah belajar dan lain sebagai nya.yang bisa mereka
pecahkan sendiri. Help merupakan
bantuan didalam penyelsaian masalah yang di
hadapi siswa ,di sini peran guru bimbingan dan konseling ,untuk
meberikan arahan atau gambaran dalam penyelesaian masalah yang ia hadapi.Opportunies,Merupakan peluang di dalam
penngembangan siswa di dalam motif belajar nya,dan apakah sudah baik atau belum
baik,jika siswa belum baik didalam belajar maka guru bimbingan dan konseling
menginformasikan secara langsung untuk membenai.Individual bisa di artikan seorang siswa atau object pendidikan , Develop
to fullest of his abilities and capacities
dan di tuntut untuk mengembangkan kemampuan yang di miliki siswa didalam proses
pendidikan,dan sehingga terbentuk siswa yang lebih baik.
Karateritik
bantuan bimbingan dan konsling merupakan hasil dari bimbingan yang didapat oleh
siswa,mengalami perubahaan atau tidak mengalami perubahaan,jika tidak tercapai
usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan dan koseling, siswa tersebut bisa di
saran kan untuk melakukan proses selanjut nya yaitu terapi
3.
Terdapat pada prinsip prinsip khusus,Dalam Prinsip
yang berkenaan dengan sasaran layanan;
1) non diskriminasi, arti
nya tidak membeda beda siswa didalam apapun semuanya sama.
2) individu dinamis dan unik ,bisa
dia artikan siswa yang pintar dan yang belum sesuai dengan harapan guru,tidak
ada perlakuan khusus dari kedua anak tersebut.
3) tahap & aspek perkembangan individu, di
dalam pendidikan merupakan proses pembelajaran siswa untuk mendapatkan ilmu
pengetahuan yang lebih,selain dari bimbingan keluarga.dan lingkungan sekitar
nya.
4) perbedaan individual,walaupun
terdapat siswa yang berbeda ,contoh nya anak pejabat,atau juga anak pemilik
sekolah tersebut (jika sekolah tersebut merupakan yayasan),semua nya sama.tak
ada perbedaan .
Memberi bimbingan belajar guru hendaknya
memperhatikan beberapa prinsip di antaranya yaitu:
Menurut
pendapat Nana Syaodih Sukmadinata prinsip-prinsip bimbingan dan konseling
yaitu:
a) Bimbingan
belajar diberikan kepada semua siswa. Semua siswa baik yang pandai, cukup,
ataupun kurang.
b) Sebelum memberi bantuan, guru terlebih dahulu harus berusaha memahami kesulitan yang dihadapi siswa.
c) Bimbingan belajar yang diberikan guru hendaknya disesuaikan dengan masalah serta faktor-faktor yang melatar belakanginya.
d) Bimbingan belajar hendaknya menggunakan teknik yang bervariasi.
e) Dalam memberikan bimbingan belajar hendaknya guru berkerja samadengan staf sekolah yang lain prinsip dari bimbingan dan konseling yaitu, bahwa setiap orang adalah berharga, satu prinsip yang penting, peserta didik juga mempunyai potensi dan hak untuk memperoleh sukses dalam kehidupannya. Seharusnya ia ditolong, agar potensinya itu menjadi realita.
b) Sebelum memberi bantuan, guru terlebih dahulu harus berusaha memahami kesulitan yang dihadapi siswa.
c) Bimbingan belajar yang diberikan guru hendaknya disesuaikan dengan masalah serta faktor-faktor yang melatar belakanginya.
d) Bimbingan belajar hendaknya menggunakan teknik yang bervariasi.
e) Dalam memberikan bimbingan belajar hendaknya guru berkerja samadengan staf sekolah yang lain prinsip dari bimbingan dan konseling yaitu, bahwa setiap orang adalah berharga, satu prinsip yang penting, peserta didik juga mempunyai potensi dan hak untuk memperoleh sukses dalam kehidupannya. Seharusnya ia ditolong, agar potensinya itu menjadi realita.
4. Saya ambil contoh di SMK tersebut saya sebagai
Wali Kelas dari siswa.dan layanan bantuan yang akan saya lakukan untuk mendukung bimbingan dan
konseling ialah:
1. Membantu
guru bimbingan dan konseling dalam
layanan nya melaksanakan tanggung jawab nya.supaya peran sebagai guru bimbingan
dan konseling bisa di rasakan oleh para
siswa.dan seringkali fungsi sebagai guru pembimbing terabaikan .
2. Membantu memberikan kesempatan dan kemudahaan bagi siswa khusus nya dikelas yang menjadi tanggung jawab nya untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
3. Memberikan informasi tentang siswa untuk memperoleh layanan bimbingan dari guru pembimbing.dan secara langsung guru bimbingan dan konseling memantau langsung ,dari informasi yang didapatkan ,tentu saja akan terjadi kontak langsung dengan siswa yang bersangkutan,dan bisa juga secara langsung siswa menjelaskan permasalahaan yang dia hadapi nya.
4. Menginformasikan kepada guru mata pelajaran tentang siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam arti harus di bimbing.
5. Ikut serta dalam komperensi kasus,untuk mengetahui siswa siswa yg bermasalah.khusus nya untuk kelas yang di beban kan kepada saya.
2. Membantu memberikan kesempatan dan kemudahaan bagi siswa khusus nya dikelas yang menjadi tanggung jawab nya untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
3. Memberikan informasi tentang siswa untuk memperoleh layanan bimbingan dari guru pembimbing.dan secara langsung guru bimbingan dan konseling memantau langsung ,dari informasi yang didapatkan ,tentu saja akan terjadi kontak langsung dengan siswa yang bersangkutan,dan bisa juga secara langsung siswa menjelaskan permasalahaan yang dia hadapi nya.
4. Menginformasikan kepada guru mata pelajaran tentang siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam arti harus di bimbing.
5. Ikut serta dalam komperensi kasus,untuk mengetahui siswa siswa yg bermasalah.khusus nya untuk kelas yang di beban kan kepada saya.
Referensi
DASAR DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING tinjauan teori dan pratik penulis Drs Abu
Bakar M luddin M.pd,Ph.D penerbit CIPTAPUSTAKA MEDIA PERINTIS thn 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar